PERANGKAT LUNAK APLIKASI (PART1)


Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang sangat khusus . Perangkat lunak ini digunakan sesuai dengan tujuan-tujuan pembuatannya dan tidak dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lain . Berikut ini adalah beberapa contoh perangkat lunak aplikasi bagian pertama , antara lain :

Pengolah Kata

     Perangkat lunak pengolah kata (word processing) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, memformat, dan mengedit dokumen . Perangkat lunak pengolah kata yang populer saat ini, antara lain Microsoft Office Word, Oracle Open Office Writer, OpenOffice.org Writer, WordPerfect, Lotus Word Pro, dan lain sebagainya .


Pengolah Angka

     Perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet) adalah perangkat luak yang memungkinkan pengguna dapat melakukan berbagai operasi perhitungan dan pengelolaan data terutama data yang berupa angka . Perangkat lunak pengolah angka dilengkapi kemampuan untuk mengorganisasi data dan membuat grafik menggunakan data yang ada . Beberapa contoh perangkat lunak pengolah angka, antara lain Microsoft Office Excel, KSpread, Oracle Open Office Calc, OpenOffice.org Calc, XESS, Lotus 1-2-3, Abacus,GNumeric, dan lain sebagainya .



Perangkat Lunak Presentasi

     Presentasi lunak presentasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan menjalankan presentasi . Perangkat lunak jenis ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menampilkan informasi dalam bentuk slide . Informasi yang ditampilkan di slide dapat berupa teks, grafik, tabel, gambar, animasi, suara, dan video . Beberapa contoh perangkat lunak presentasi, antara lain Microsoft Office PowerPoint, Oracle Open Office Impress, OpenOffice.org Impress, KPresenter dan lain sebagainya .



Perangkat Lunak Multimedia

     Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit file audio dan video . Perangkat lunak jenis ini biasannya dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam suara dan video, menjalankan file suara dan video . Beberapa contoh perangkat lunak multimedia, antara lain CyberLink PowerDirector, PowerDirector, Corel VideoStudio Pro X3, Adobe Premiere Elements, MAGIX Movie Edit Pro, VideoPad, Pinnacle Studio HD, dan masih banyak lagi 



Perangkat Lunak Database

     Perangkat lunak database adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan data secara terstruktur . Perangkat lunak jenis ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilakn data dalam format yang terorganisir . Selain itu, perangkat lunak database juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menjaga hak akses pengguna agar pengguna yang tidak berhak tidak boleh mengakses data yang ada di database . Beberapa contoh perangkat lunak database, antara lain Microsoft Office Access, Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle, dan sebagainya .





Terimakasih telah mengunjungi artkel ini, jika Anda masih belum dapat mencari apa yang ingin Anda ketahui, silakan masuk ke artikel selanjutnya .
Terimakasih , Salam.

Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment